banner iklan

Peran Penting Tokoh dan Organisasi Agama dalam Penanggulangan Covid-19

  • Bagikan

Suara Malang – Upaya yang dilakukan pemerintah dalam menyosialisasikan protokol kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 tidak lepas dari peran dan dukungan tokoh agama. Tokoh agama dinilai memiliki peran penting dalam meluruskan atau mengedukasi umat di tengah kebingungan. Tokoh agama memiliki peran yang sangat penting pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, baik dalam hal menyampaikan kebijakan pemerintah akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan, terutama dalam menangkal informasi-informasi hoaks kepada umat terkait Covid-19. Karena tokoh agama merupakan suri tauladan ditengah-tengah masyarakat. Para pemuka agama harus menjadi ujung tombak dalam menyosialisasikan penanggulangan Covid-19 kepada masyarakat, terutama dalam menangkal informasi hoaks tentang Covid-19. Apabila pemuka agama yang menyampaikan, masyarakat atau umat akan patuh.


Peran organisasi agama adalah prinsip utama bagi pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Peran sertanya dibutuhkan bagi Satgas Penanganan Covid-19 dalam melakukan komunikasi publik. Sejak awal Satgas berusaha melakukan komunikasi publik yang spesifik terhadap karakteristik masyarakat. Akan tetapi hal ini tidak akan mudah jika prosesnya tidak melibatkan pemuka komunitas tersebut.

banner 720x90


Bagi masyarakat pula jangan terlalu susah untuk mematuhi protokol covid-19. Agar para Satgas dan pemuka agama tidak bingung untuk menerapkan protokol ini. Bagi pemerintah juga harus memberikan apa yang masyarakat butuhkan. Karena mungkin ada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini sehingga tidak bisa bekerja atau beraktifitas. Untuk Pendidikan harus berjalan sebaik-baiknya. Orang tua dan Guru harus membimbing anaknya dengan baik dan Amanah. Jika semua saling mendukung, insyaallah Covid-19 ini akan segera berakhir. Yang terpenting, jangan lupa untuk berdo’a dan beribadah. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

Penulis : Muhammad Iqbal adalah Mahasiswa Fakultas Agama Islam-Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan Tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Malang

banner ads
  • Bagikan