Jika PDIP Maju Sendiri di Pilkada 2024, Sugeng Pujianto Jadi Calon Alternatif N2

Suaramalang.com, Kabupaten
Malang
– Perkembangan politik jelang pendaftaran pasangan calon kepala daerah di Pilkada Kabupaten Malang 2024 pada akhir Agustus 2024 mendatang semakin panas.

Terbaru, ada nama Sugeng Pujianto yang menjadi bakal Calon Wakil Bupati Malang atau N2 alternatif jika pada akhirnya nanti pada Pilkada Kabupaten Malang 2024, PDI Perjuangan memutuskan untuk maju sendiri.

Untuk posisi bakal Calon Bupati Malang atau N1 ada dua tokoh yang sekarang sedang berebut rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. Yakni Sanusi yang saat ini menjabat sebagai Bupati Malang dan Gunawan Wibisono yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jatim.

Ketua PAC Kecamatan Tajinan Teguh mengatakan, kemunculan nama Sugeng Pujianto sebagai calon alternatif N2 ini merupakan usulan dari jajaran PAC PDI Perjuangan.

Di mana nama Sugeng Pujianto disiapkan untuk mendampingi Sanusi atau Gunawan Wibisono jika PDI Perjuangan memutuskan untuk maju sendiri dengan memasangkan bersama kader internalnya.

“Kami di bawah hanya sekadar mengusulkan, kan juga kader senior Pak Sugeng,” ungkapnya. 

Menurutnya, usulan untuk calon alternatif N2 sudah diusulkan ke DPP PDI Perjuangan. Namun, pengusungan kader internal belum diumumkan secara resmi dari DPP PDI Perjuangan.

“Kalau ke DPP kan sudah (diusulkan), tapi secara resmi sampai hari ini belum diumumkan,” ujarnya.

Teguh menuturkan, saat ini nama-nama yang diusulkan untuk N1 dan N2 sudah berada di DPP PDI Perjuangan. Untuk penentuan sosok siapa yang akan diberikan rekomendasi, semua merupakan keputusan dari DPP PDI Perjuangan.

“Ini masih dalam proses, mungkin di DPP masih pengakajian dan penganalisaan kredibilitas dari dua calon N1 itu dan untuk N2 belum,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tirtoyudo Hendik Arso menyampaikan, nama Sugeng Pujianto cukup ideal jika diusung menjadi N2 jika nantinya DPP PDI Perjuangan memutuskan untuk memajukan pasangan calon kepala daerah dari kader internal.

“Ini awal yang baik karena Pak Sugeng Pujianto merupakan tokoh masyarakat yang mewakili kaum nasionalis dan beliau juga dekat dengan masyarakat dan bisa diterima semua golongan,” jelasnya.

Selain itu, Hendik menilai bahwa sosok Sugeng Pujianto merupakan tokoh nasionalis Kabupaten Malang yang sederhana, merakyat, cekatan dan kerja cepat. Hal itu terbukti selama Sugeng Pujianto menjadi kader PDI Perjuangan dan menjadi Anggota DPRD Provinsi Jatim dua periode.

Sedangkan Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bantur Supri mengatakan, bahwa munculnya nama Sugeng Pujianto sebagai kabdidat alternatif N2 merupakan hal yang baik.

“Saya cukup kenal dengan Pak Sugeng, dia juga loyal pada partai dan komunikatif terhadap pengurus. Senioritas dan background anggota DPRD Provinsi selama dua periode saya rasa cukup dikenal masyarakat,” tutupnya.

Pewarta : Mhd/lik*